Tips Menggunakan Aplikasi Screen Recorder Pada Android Dengan Mudah

By On Sunday, January 10th, 2021 Categories : Tips dan Trik

Untuk menangkap layar pada ponsel Android sudah bukan hal yang baru. Namun, beberapa orang masih bingung mengenai cara merekam layar pada ponsel mereka. Berikut terdapat beberapa tips untuk menggunakan aplikasi screen recorder pada Android yang bisa membantu Anda. Simak ulasannya berikut.

Cara Menjalankan Aplikasi Perekam Layar Di Ponsel Android

  1. Unduh dan Instal Aplikasi Perekam Layar

Seperti dilansir Harapan Rakyat, untuk dapat menggunakan aplikasi perekam layar memang sebagian ponsel tidak memberikan fitur bawaan dari perangkat asli ponsel itu sendiri. Harus memerlukan aplikasi tambahan untuk dapat melakukan screen recorder. Aplikasi tersebut didapat pada Play Store masing-masing dan sudah tersedia banyak aplikasi yang sesuai dengan kapasitas ponsel Anda.

Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur perekam layar bawaan dari perangkat, maka Anda harus mengunduh dan melakukan install pada aplikasi tersebut agar dapat digunakan. Jika suka terunduh, maka lakukan install dan ikuti semua persyaratan yang diberikan dari aplikasi tersebut dengan benar.

Jika tidak mengikuti persyaratan yang ada, maka aplikasi tentu tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Anda hanya perlu, mencetang beberapa prosedur yang berlaku dan memberi izin akses untuk menggunakan aplikasi screen recorder pada Android yang dipakai. Lalu, aplikasi bisa dengan mudah digunakan sesuai keinginan pengguna.

Namun, hal tersebut bisa berbeda jika Android Anda sudah menyediakan perekam layar yang memang menjadi fitur tambahan asli dari perangkat. Anda hanya perlu menjalankan aplikasi tersebut, tanpa mendownloadnya terlebih dahulu dan bisa langsung dijalankan tanpa melakukan beberapa persyaratan dan akses izin.

  1. Jalankan dan Mulai Rekam

Jika sudah mendapatkan akses izin dan memenuhi semua persyaratan, maka Anda bisa langsung untuk mulai merekam momen layar yang ingin direkam. Pada umumnya, menggunakan aplikasi untuk merekam layar pada Android tergolong mudah dan praktis. Anda hanya perlu menekan tombol perekam pada aplikasi, dan menyiapkan momentum yang pas untuk direkam.

Biasanya aplikasi perekam layar ini digunakan untuk merekam layar yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah barang dagangan atau digunakan untuk menunjukkan tutorial menggunakan sebuah aplikasi tertentu. Menggunakan aplikasi screen recorder pada Android terbilang tidak rumit. Hanya mungkin akan memakan banyak memori internal dari ponsel yang digunakan.

Maka dari itu, Anda harus menyiapkan memori khusus atau langsung memindahkan video perekam layar pada personal computer yang dimiliki supaya memori tidak penuh. Hal ini berbeda dengan aplikasi screen recorder yang memang menjadi fitur bawaan original dari ponsel, Anda tidak perlu khawatir akan memori internal yang menjadi penuh karena aplikasi tersebut.

  1. Simpan Hasil Rekaman

Melakukan perekaman layar tentu menjadi hal yang krusial yakni tidak lupa untuk menyimpannya. Sebab, jika sudah lupa tidak menyimpan maka akan berdampak pada rekaman yang hilang atau bahkan merekam layar yang tidak pada semestinya, sehingga Anda memerlukan untuk mengedit dan memotong bagian ulang yang dirasa tidak sesuai.

Untuk menyimpan hasil rekaman, tentu hal ini dikondisikan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna masing-masing. Bisa membuat folder baru pada ponsel atau menggunakan folder yang memang sudah ada. Untuk proses penyimpanannya pun tidak terlalu rumit, hanya perlu menyimpan file video sebagaimana umumnya dengan memberikan nama file yang sesuai.

Menggunakan aplikasi screen recorder pada Android yang tidak menggunakan aplikasi tambahan juga tidak ada bedanya. Proses penyimpanannya sama dan tergolong tidak rumit. Jika sudah merekam layar pada kondisi yang diinginkan, maka Anda bisa menghentikan rekaman tersebut dan langsung menyimpannya pada folder ponsel yang sudah disediakan.

Hasil rekaman video pada layar umumnya juga memakan banyak memori internal pada ponsel, sehingga memerlukan tindakan agar memenuhi memori. Semisal, bisa langsung dipindahkan pada komputer pribadi, agar tidak terlalu memenuhi memori ponsel yang Anda gunakan. Tidak lupa untuk menamai file video tersebut agar dapat dibedakan mana perekam layar dan video biasa.

Itulah beberapa cara untuk menggunakan aplikasi perekam layar untuk pengguna Android yang bisa Anda praktikkan sendiri nantinya. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan jika pada ponsel tidak terdapat fitur perekam layar bawaan dari ponsel Android masing-masing. Pilihlah aplikasi screen recorder yang memiliki kualitas baik dan mudah digunakan.

Tips Menggunakan Aplikasi Screen Recorder Pada Android Dengan Mudah | Makka El Fatih Setiawan | 4.5