Pembelajaran Daring, Apakah Efektif di Indonesia?

By On Thursday, February 18th, 2021 Categories : Pendidikan

Pembelajaran Daring, Apakah Efektif di Indonesia? – Selama pandemi seperti saat ini pemerintah memutuskan agar untuk anak-anak tetap bersekolah atau belajar tapi dilakukan di rumah , tidak di sekolah.

Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia berharap bisa memutus penularan covid-19. Untuk melakukan pembelajaran dari rumah tentunya akan memanfaatkan teknologi informasi dan juga teknologi jaringan agar bisa menunjang proses belajar mengajar dari jarak jauh.

Model pembelajaran daring merupakan salah satu metode belajar yang sering digunakan banyak sekolah agar para peserta didik masih bisa belajar meskipun hanya dari rumah saja. Model pembelajaran daring ini juga biasanya disebut dengan model pembelajaran dalam jaringan.

Lalu efektifkah pembelajaran daring yang dilakukan di Indonesia seperti saat ini ketika selama pandemi? Seperti yang kita tahu bahwa banyak peserta didik yang mencari kunci jawaban tematik melalui google tanpa memahami mata pelajaran yang disampaikan oleh guru melalui daring.

Oleh sebab itu, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa pembelajaran daring itu tidak efektif. Namun sebenarnya ialah pembelajaran daring bisa menjadi efektif jika sekolah atau institusi termasuk guru bukan hanya mampu menguasai mata pelajaran yang akan disampaikan melainkan juga mampu menguasai teknologi.

Pembelajaran daring merupakan salah stau cara yang paling efektif untuk dilakukan ketika wabah virus covid-19 ini belum berakhir dan entah sampai kapan berakhirnya. Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia mampu memutus penularan covid-19 yang berbahaya.

Dengan demikian, para peserta masih bisa menjalankan proses belajar meskipun hanya dari rumah masing-masing. Pembelajaran daring dilakukans erentak oleh masyarakat Indonesia semenjak penularan covid-19 ini merajalela.

Saat ini peserta didik menerima akan adanya pembelajaran daring karena pembelajaran daring bisa dikatakan lebih praktis, efisien, menyenangkan, santai, fleksible, hemat waktu, hemat tenaga, aman, mudag dan sangat tepat pada saat pandemi seperti sekarang.

Pembelajaran daring bisa dilakukan dengan jarak jauh tanpa ada kontak langsung antara guru dan semua peserta didik di dalam ruangan yang sama. Jadi pembelajaran daring bisa dilakukan peserta didik dirumah mereka masing-masing.

Dengan pembelajaran teknologi ini tentunya para guru dan para peserta didik diharuskan bisa menggunakan teknologi. Selain itu peserta didik juga bisa menjadi lebih kreatif ketika mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Adapun tujuan utama dilakukan pembelajaran daring ini yaitu untuk menghindari adanya wabah yang tak kunjung berhenti yakni covid-19 agar tidak tertular wabah tersebut. Karena semua sekolah serentak menggunakan pembelajaran daring, oleh sebab itu pemerintah juga memberikan kuota internet bagi semua peserta didik agar proses belajar berjalan dengan lancar.

Pembelajaran daring, apakah efektif di Indonesia itu juga tergantung bagaimana sekolah atau institusi memberikan sarana prasarana untuk guru serta semua peserta didik yang memadai agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar.

Pembelajaran Daring, Apakah Efektif di Indonesia? | Nurul | 4.5