Istana Siak, Objek Wisata Bersejarah dengan Koleksi Antik

By On Tuesday, September 17th, 2019 Categories : Wisata

Menghabiskan akhir pekan tidak melulu harus ke mall, bioskop, tempat makan, taman hingga tempat wisata masa kini. Bolehlah sesekali mengunjungi tempat bersejarah seperti museum hingga istana bersejarah. Bicara tentang istana, ada satu istana yang cukup populer di Indonesia khususnya di daerah Riau. Ya, istana tersebut adalah Istana Siak dimana didalamnya terdapat banyak sekali koleksi barang antik sampai foto para sultan yang pernah meninggali istana tersebut.

Istana Siak  bersejarah ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim yakni pada tahun 1889. Istana yang sangat menawan ini termasuk salah satu peninggalan dari Kesultanan Siak Sri Inderaputra yang kono katanya, istana tersebut selesai dibangun pada tahun 1893.

Istana Siak, Objek Wisata Bersejarah dengan Koleksi Antik

Sejak awal didirikan sampai tahun 1945 terhitung sudah ada dua belas sultan yang menempatinya .Dimana sultan pertama yang menempati istana tersebut tidak lain adalah Sultan Syarif Hasyim. Kemudian  sultan yang terakhir adalah Sultan Syarif Hasyim II.

Ketika Indonesia berhasil memperoleh kemerdekaan Sultan Syarif Hasyim II menyerahkan kerajaan yang dinaunginya saat itu kepada pemerintahan Indonesia. Istana ini memiliki ukuran yang sangat luas, dimana didalamnya terdapat banyak sekali sudut ruangan.  Terdapat satu ruangan yang cukup menyita perhatian, yaitu ruangan dibagian bawah.

Pada lantai bagian bawah terdapat enam ruangan yang digunakan sebagai ruang pertemuan. Keenam ruangan tersebut terdiri atas ruang tamu kehomatan, ruang tunggu bagi para tamu, ruang tamu perempuan, ruang tamu laki-laki , ruang siding kerjaan dan yang terakhir adalah ruang yang digunakan untuk pesta.

Supaya terlihat lebih nyata, di berbagai sudut ruangan yang terdapat di lantai bawah khusunya ruang sidang dilengkapi dengan patung orang-orangan lengkap dengan busana adat Melayu. Hadirnya patung tersebut menggambarkan bagaimana suasana serius ketika para sultan sedang berembug.

Walaupun sudah berpuluh tahun tidak dihuni, namun rupanya kondisi Istana Siak ini masih terlihat bagus. Agar nilai jaman dulunya tidak hilang, penglola tempat wisata bersejarah ini benar-benar menjaga kebersihan setiap barang yang ada didalamnya.

Bahkan untuk menjaga aneka pernak-pernik yang ada didalam, pengelolapun juga melarang pengunjung untuk tidak menyentuh barang-barang antik yang ada didalam istana. Takutnya, apabila disentuh barang tersebut akan tergores dan pecah.

Diantara barang antik yang ada didalam adalah piring, gromofon, hingga foto para Sultan yang tertata dengan rapinya. Dilihat dari depan, tampilan istana ini memang terlihat biasa. Namun setelah berjalan menyusuri setiap sudut,  kalian akan dibuat terpana dengan barang-barang antik yang ada didalamnya.

Yang lebih menariknya lagi, jika dilihat dari dalam kondisi istana tersebut terlihat sangat megah dengan perpaduan corak Eropa, Melayu dan Arab.

Apabila kalian ingin menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke Istana Siak kalian bisa datang langsung ke Jln. Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam, Kep.Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau. Untuk rute perjalanan anda bisa meminta bantuan kepada Google Maps.

Sebelum melihat megahnya Istana Siak dari dekat, anda dianjurkan untuk membeli tiket masuk sebesar Rp. 20.000/pengunjung. Istana Siak buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 15:00 waktu setempat.

Tertarik untuk mengunjungi Istana Siak ini? Jika iya, segera agendakan kapan kira-kira kamu akan bekunjung ke tempat yang indah nan eksotis ini. Karena jarang sekali tempat bersejarah di Indonesia yang hingga saat ini masih bagus dan terjaga dengan baik.

Walau tergolong tempat wisata bersejarah, namun rupanya Istana Siak tidak pernah sepi pengunjung terlebih saat hari libur tiba.

Istana Siak, Objek Wisata Bersejarah dengan Koleksi Antik | Nie Na | 4.5