Inilah Cara Membedakan Motor Cross, Motor Trail dan Enduro

By On Saturday, September 28th, 2019 Categories : Otomotif

Kami yakin jika banyak orang yang menganggap jika Motor Cross dan Motor Trail adalah dua jenis motor yang sama. Hal ini berdasarkan dari tampilan fisiknya yang memang 11-12 dan tak jauh beda satu sama lain.

Namun sebenarnya tidak, jenis motor seperti ini ada 3 macam, yakni Motor Enduro, Motor Trail, dan juga Motor Cross. Meskipun secara fisik hampir mirip, namun ketiga motor ini memiliki spesifikasi maupun fungsi yang berbeda-beda.  Nah untuk anda yang belum paham, langsung saja mari kita simak bersama perbedaanya dibawah ini.

Inilah Cara Membedakan Motor Cross, Motor Trail dan Enduro

Motor Trail Biasa Digunakan Untuk Jalan Raya

Perlu diketahui, jika Motor Trail ini sering kali disebut juga dengan dual sport atau motor all road. Hal ini dikarenakan motor jenis ini merupakan kombinasi dari jenis motor biasa yang ada di jalan raya tapi juga bisa digunakan untuk medan off road juga.

Untuk kelengkapan atau spesifikasi dari Motor Trail ini sama dengan motor jalanan biasa, maka dari itu menggunakan motor jenis ini dijalan raya masih legal dan tidak ada masalah. Untuk spesifikasi ban, biasanya ban depan memiliki diameter lebih besar dibandingkan ban belakang, kebalikan dari motor jalan raya pada umumnya.

Jika anda ingin menggunakan Motor Trail ini di jalan raya, maka disarankan untuk mengganti ban dari Dirt Tire menjadi jenis Roadster tire. Dengan begini anda akan nyaman berkendara dengan Motor Trail di panasnya jalan aspal. Sebenarnya tidak masalah pakai ban Dirt Tire, hanya saja sayang banget nanti karena ban ini cocok digunakan untuk medan offroad.

Motor Cross Kendaraan Khusus Untuk Sirkuit

Motor Cross atau sering disingkat MX merupakan motor khusus yang digunakan dalam sirkuit Off Road, pastinya anda sudah banyak melihat video balapan motor ini di youtube. Karena dirancang untuk balapan, spesifikasi Motor Cross ini pun lebih tinggi jika dibandingkan dengan Motor Trail, meskipun dari segi fisik penampilan motor ini hampir sama.

Karena Motor Cross ini dikhususkan untuk berkendara di sirkuit balap, jadi jangan heran jika saat mengendarai motor ini dihentikan oleh polisi. Biasanya, Motor Cross ini tidak memiliki kelengkapan kendaraan seperti motor jalan raya, mulai dari surat-surat, lampu depan belakang, klakson, lampu sein, dan lain sebagainya.

Perlu kalian tahu, jika harga Motor Cross ini sangat mahal lho, hal ini dikarenakan spesifikasi yang dimilikinya sangatlah tinggi. Motor jenis ini memiliki transmisi gigi 5 percepatan, selain itu jika anda memaksanya untuk berkendara di jalan raya dengan mengganti bannya ke jenis Roadster tier, pasti anda tetap tidak akan nyaman mengendarainya. Tenaga yang dihasilkan motor ini juga tidak cocok untuk dijalan raya, jadi jangan dipaksakan deh.

Motor Enduro Khusus untuk Touring

Untuk Motor Enduro ini masih mirip dengan motor trail tadi, hanya saja untuk jenis ini lebih cocok buat anda yang hobi bepergian dengan jarak jauh atau touring. Motor Enduro ini juga cocok untuk medan offroad dialam sirkuit atau diarena terbuka dengan rintangan alam yang masih sangat alamiah.

Seperti contohnya melintasi jalan yang berlumpur serta berbatu, mengihindari ranting pohon yang rendah, hingga melompati gundukan tanah maupun batang pohon yang melintang dijalan. Maka jangan heran jika tenaga dari Motor Enduro ini sama dengan motor cross, karena motor ini sangat cocok untuk kebut-kebutan dijalan.

Jadi sudah paham ya perbedaan antara Motor Enduro, Motor Cross, dan Juga Motor Trail kali ini? jangan sampai salah beli atau salah menggunakannya dijalanan ya.

Inilah Cara Membedakan Motor Cross, Motor Trail dan Enduro | Nie Na | 4.5