Cara Mudah Root Android Tanpa PC atau Komputer

Cara Mudah Root Android Tanpa PC atau Komputer – Walaupun Android adalah sistem operasi terbuka (open source), program untuk menggunakan berbagai fungsi yang ada di dalamnya tidak dapat di akses dengan mudah. Hal tersebut karena memang pihak developer dari Android tidak memberikan akses root secara penuh kepada pengguna. Rooting sendiri adalah prosedur yang dapat membuat seseorang menyeberang atau melewati sistem suatu program sehingga bisa mendapatkan akses penuh. Hasil dari root ini bisa positif dan negatif, tergantung penggunaannya. Untuk itu, pelajari dulu dampak-dampaknya, barulah setelah itu membaca tutorial mengenai cara root Android tanpa PC di bawah ini.

Root Android Tanpa PC, cara Root Android Tanpa PC, cara mudah Root Android Tanpa PC

Untuk melakukan rooting Android tanpa PC, Anda membutuhkan beberapa aplikasi yang dapat diunduh dan instal. Setidaknya ada 2 aplikasi yang dapat Anda gunakan dan terbukti sejak lama. Tata caranya sudah disediakan oleh pihak developer, jadi Anda tidak perlu bingung. Yang terpenting adalah Anda sudah siap mengenai dampak yang mungkin terjadi, termasuk bersarangnya virus serta perubahan pengaturan.

  1. Framaroot

Sampai saat ini, Framaroot masih menjadi aplikasi yang paling populer sebagai cara root Android tanpa PC. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan rooting hanya dalam satu klik saja. Praktek dari penggunaan Framaroot sudah dilakukan pada berbagai macam jenis perangkat Android, sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan lagi.

Langkah:

Advertisement
  1. Pertama, lakukan unduh aplikasi Framaroot pada perangkat Android Anda.
  2. Buka aplikasi yang sudah terinstal tersebut, tekan “Security” dan pastikan bahwa “Unknow sources” diaktifkan. Jika Anda menggunakan Android versi lama, pengaturan mengenai “Unknow sources” ini bisa didapat di pengaturan aplikasi.
  3. Buka file manager, lalu arahkan ke bagian direktori tempat Anda menyimpan file apk. Untuk melalukan hal ini, Anda membutuhkan aplikasi file manager. Jika tidak punya, Anda dapat mengunduh dan instal salahsatunya, misalnya ES File Explorer.
  4. Setelah itu pilih file Framaroot, lalu install.
  5. Setelah terinstall, nantinya Anda diperintahkan untuk menginstall “Superuser”.
  6. Selanjutnya ada menu bertuliskan Sam, Frodo dan Aragorn. Pilih salahsatunya yang dapat diterapkan untuk Android Anda.
  7. Jika sudah berhasil, biasanya akan muncul kotak bertuliskan kata-kata selamat, seperti kata “Success”.

Unduh: http://framaroot.net/

  1. Universal Androot

Aplikasi lainnya yang dapat Anda gunakan untuk root Android tanpa PC adalah Universal Androot. Aplikasi ini sendiri memang tidak cukup populer. Hal tersebut dikarenakan tidak terlalu banyak perangkat Android yang berhasil menggunakannya. Namun tidak mengapa jika Anda ingin mencoba Universal Androot. Mungkin saja apk ini dapat diterapkan pada ponsel atau tablet Anda.

  1. Untuk memulainya, Anda dapat mengunduh Universal Androot terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, lakukan instalasi seperti yang dilakukan pada cara kesatu (Framaroot).
  3. Seperti biasa, nantinya sistem akan memberikan Anda akses untuk mengunduh Superuser for Android. Jangan lupa juga klik menu dropdown untuk memilih versi firmware Android.
  4. Klik “Root :-)”
  5. Anda juga nantinya dapat mengatur apakah rooting aktif sementara atau seterusnya. Selain itu, rooting juga bisa di nonaktifkan dengan cara menekan tombol “Unroot” setelah reboot tentunya.

Unduh: http://www.freewarelovers.com/android/app/universal-androot

Aplikasi lain yang dapat Anda coba untuk melakukan root pada perangkat Android diantaranya adalah:

1. Root Android

  1. Root Android: Rootland
  2. Root Android without PC
  3. SuperUS dan SuperUS Pro
  4. Superuser

Cari semuanya di sini: https://play.google.com/store/search?q=Android%20Root&c=apps

Beberapa aplikasi di atas belum banyak reviewnya dari para pengguna Android, sehingga baik tidaknya masih belum dapat dipastikan. Namun jika Anda mahir dalam developing Android, hal tersebut bukan suatu masalah.

Cara Mudah Root Android Tanpa PC atau Komputer | Balqish Nurul Attakhiyah | 4.5